BERITAPrestasiTentang MAN SUMENEP

Perenungan Tentang Arti Sejati Dari Harmoni Dalam Kehidupan

Alvin Siswa MAN Sumenep, Juara 1 Lomba Cipta Baca Puisi
Tingkat Kabupaten Sumenep

MAN Sumenep – Madaniyah – Sanggar kalonta bersama Wakil Bupati Sumenep Ny. Hj. Dewi Khalifah, S.H., MH., M.Pd.I. menyelenggarakan lomba cipta baca puisi antar SMA/MA/SMK dan sederajat. Peserta keseluruhan lebih dari 100 peserta. Dalam sebuah acara lomba cipta baca puisi yang diadakan pada Hari Sabtu, 26 Agustus 2023 di Gedung Gerak Kalianget Sumenep, Alvin Riski Ramadhani siswa kelas XII PK MAN Sumenep, berhasil memukau juri dengan karyanya yang penuh inspirasi dan makna mendalam. “Kincir Angan” judul puisi yang ia baca dan ciptakan berhasil meraih juara 1 dan mengungkapkan bakat luar biasanya dalam seni sastra.

Alvin menerima penganugerahan Juara 1 Lomba Cipta Baca Puisi Tingkat Kabupaten, yang diberikan langsung oleh Wakil Bupati Sumenep berupa piala, sertifikat, uang pembinaan, dan voucher umroh. Dalam sebuah kesempatan wawancara dengan jurnalis Madaniyah, Alvin biasa ia dipanggil menyampaikan kesan, “Saya mendapat juara satu pada perlombaan cipta puisi on the spot Sanggar Kalonta, sangat bersyukur sekali, keberhasilan ini saya persembahkan kepada kedua orang tua saya, walaupun tidak seberapa, tapi saya ingin membahagiakan mereka, semampu saya, dan saya juga tidak menyangka kegemaran saya menulis puisi ternyata menjadi prestasi bagi saya,” ujarnya. Alvin berhasil menyajikan puisi yang penuh emosi dan imajinasi, menggambarkan perjalanan hidup dan pengalamannya melalui rangkaian kata-kata yang indah dan menggugah. Melalui bait-bait puisi yang mengalun dengan ritme lembut, ia mampu membawa pendengar pada perenungan tentang arti sejati dari harmoni dalam kehidupan.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri Sumenep H. Hairuddin, S.Pd., M.M.Pd. sangat terkesan dengan kepekaan dan keindahan ekspresi yang tersaji dalam karya anak didiknya. “Puisinya tidak hanya menggambarkan perasaan individu, tetapi juga mengajak pendengar untuk merenungkan kehidupan secara lebih mendalam, terus belajar dan berlatih, gapai prestasi lebih tinggi lagi,” tuturnya. Acara penyerahan hadiah dan penghargaan dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari para penikmat sastra, keluarga peserta, hingga tokoh-tokoh seni dan budaya setempat. Kemenangan sang juara ini tidak hanya menjadi prestasi pribadi, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk mengembangkan bakat dan minat dalam seni sastra. Diharapkan bahwa acara semacam ini akan terus diadakan untuk memberi ruang bagi para bakat muda untuk mengekspresikan diri melalui puisi dan sastra. (Tys)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *