BERITA

Khidmat dan Bermakna

Bentuk Akhlak Mulia : MAN Sumenep Menyelenggarakan

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

MAN Sumenep – Madaniyah –  Madrasah Aliyah Negeri Sumenep merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan penuh kekhidmatan dan semangat keagamaan pada hari Kamis, 12 Oktober 2023. Bertempat di lapangan madrasah, acara peringatan Maulid Nabi tahun ini hadir dengan suasana berbeda, karena dihadiri lebih dari 3500 jamaah yang terdiri dari Bupati Sumenep beserta jajaran, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep dan unsur pimpinannya, Komite, pengawas madrasah, keluarga besar MAN Sumenep, alumni, wali murid, dan beberapa undangan lainnya.

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dimulai dengan kegiatan shalat Dhuha berjamaah. Sesudah shalat Dhuha, seluruh peserta didik berkumpul di lapangan madrasah untuk mengikuti pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan iringan Al-Banjari kreasi siswa MAN Sumenep. Salah satu kegiatan menarik dalam acara ini penampilan tari islami yang disuguhkan dengan penuh khidmat dan bermakna. Sususan acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan kalam Illahi yang dibacakan oleh Ustadz. Sugianto, S.Pd.I.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri Sumenep H. Hairuddin, S.Pd., M.M.Pd. menyatakan, “Dengan diadakannya acara Maulid Nabi Muhammad SAW ini, kita berharap bisa selalu diridhoi oleh Allah SWT dan mendapat Syafa’at Nabi Besar Muhammad SAW nantinya. Amin Amin Ya Rabbal Alamin,” ujarnya. Kegiatan ini adalah bentuk komitmen madrasah dalam mengajarkan kepada peserta didik tentang nilai-nilai agama dan kebaikan yang diperintahkan oleh Nabi dan menciptakan lingkungan madrasah yang berlandaskan akhlak yang mulia. Acara tidak hanya merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW, tetapi juga mengajarkan siswa tentang bagaimana menjadi individu yang lebih baik dan berkontribusi positif kepada masyarakat.

Dalam Sambutannya bapak Bupati Sumenep, H. Achmad Fauzi Wongsoyudo, SH,. MH.  yang juga merupakan salah satu Alumni MAN Sumenep menuturkan, “ Terimakasih kepada seluruh tamu undangan dan keluarga besar MAN Sumenep karena telah mengundang saya dan semoga siswa siswi MAN Sumenep bisa menjadi pemimpin negeri kelak nanti, serta juga bisa menjadi dokter (disambut tepuk tangan meriah jamaah).” Tuturnya.

Ditambahkan juga oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep KH.  Chaironi Hidayat, S.A,. MM. menegaskan, “Terimakasih kepada tamu undangan dan juga MAN Sumenep, saya kagum dan bangga, karena dua Alumni MAN Sumenep sukses menjadi pemimpin, yaitu H. Achmad Fauzi Wongsoyudo, SH., MH.. yang sekarang sedang menjabat sebagai Bupati Sumenep dan juga Drs. KH. A Busyro Karim, M Si yang merupakan Bupati Sumenep sebelumnya.” Tegasnya. Tausiyah  KH. Malik Sanusi S.Ag. memberikan pencerahan kepada seluruh jamaah yang hadir, “Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW adalah paling bagusnya beberapa Nabi, dan umatnya Nabi Muhammad SAW adalah yang paling bagusnya beberapa umat, serta paling bagusnya makhluk, itulah Rasulullah SAW.” Melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kita diberikan kesempatan untuk lebih mendekati ajaran dan teladan beliau. Kita diingatkan untuk menjadikan kehidupan beliau sebagai panduan dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga kita bisa mengejar kebaikan, keadilan, dan kasih sayang, serta mengikuti jejak teladan yang mulia ini. (NS)

 

Dokumentasi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *